Aku membuat pilihan...2009(2)

...
seringkali kakak sepupuku absen tidak belajar bersama, seringnya sih ngobrol dengan temannya.
Aku dan adik sepupuku yg belajar bersama, dan selaluuuuuu aku yg diminta ibunya untuk mengajari mereka. Tapi karena solidaritas tinggi, mereka cukup paham untuk mengerjakan sendiri sih.
Tapi seringnya aku yg tidak mood dengan permintaan ibunya alias bude. Aku kan jg harusnya diajari, malah mengajari.

Kegiatan lainnya karena tidak hanya tinggal bersama nenek adalah,
aku yang seringnya kebagian membereskan rumah, belanja ke yu sayur depan rumah (sblm brkt), cuci piring habis sarapan (krn PRT blm datang kalo pagi). Seperti itu.
Cuci baju aku sendiri, karna PRT hanya urus keluarga bude saja, kadang nenekku juga. Tapi bajuku aku yg cuci, seragam dan pakaian rumah semua.

Di bulan-bulan melelahkan itu tiba2 jam 7 malam ada telepon masuk.
Adik sepupuku yg angkat dan bilang itu untukku dari teman SD, dan laki-laki.
WHAT ???! kok bisa tau nomor rumah nenek ?
Karena, fyi ya...
Aku tidak pegang hape sejak awal masuk SMP kecuali saat weekend yaitu saat aku balik ke rumah papimami / nginep. Hanya sabtu-minggu. Itu hapeku sendiri, tp demi konsentrasi di awal smp kesepakatannya seperti itu.
Dan lagi

aku menjalani hubungan LDR, karena setelah UN (sebelum pengumuman) aku jadian dengan teman SDku. Sebut saja dia A.
Tapi ya hubungan kami sebatas hanya di chat dan akhir pekan saja.
Dia masuk sekolah yang dekat dari rumahku, tapi cukup jauh dari sekolahku & rumah nenek.
Saat masih satu sekolah, sambil menunggu pengumuman sih saat libur...kita sering jalan bareng, sepedaan bareng deng. Ber3, sama adiknya yg waktu itu masih kelas 3 SD. Aku dibeliin aqua gelas juga udh seneng.

Kembali lagi, telepon itu!
Aku agak degdegan sih, kok A bisa tau ya ??
Dan ternyata...............................................
yang menelpon temanku yang lain, sebut saja Y.
Ku tanya, kenapa bisa tau nomorku ? katanya mamaku yang kasih tau saat dia tanya aku tinggal dimana.
Teman SDku tau aku pindah ke rumah nenek, aku yg bilang agar nnti kalau reuni mereka tetap ingat aku.
Tapi Y ?
kenapa Y ???? padahal yg kuharapkan si A, yah yasudahlah.
Selebihnya di telpon, Y hanya tanya hal2 gimana sekolah, dan apa ya... kurasa yg kuingat hanya itu. Banyak kecewanya, lalu singkat saja krn aku bilang mau belajar lagi. Huff.
Aku pun lupa Y sekolah SMPnya dimana, sampai saat ini.
Selesai tutup telepon, aku pun di ledekin sama adek sepupuku yg 2 orang itu. Kakakku juga ikut ledekin.

Di esok paginya, om ku juga ingetin aku katanya jangan pacaran jangan suka-sukaan.
Ihhh pacarku aja kan dirumah, gatau kabarnya.

Lanjut di bulan ke-4 itu, aku juga selalu berpapasan dengan seorang lakilaki lainnya yang ternyata tetangga beda komplek di rumah nenek. Aku tau dia seangkatan dari dasinya.
Kami jalan kaki sampai ke angkot, dia selalu sama ayahnya.
Waktu pertama-tama aku diantar Mami, Mamiku pernah ngobrol sama ayahnya itu. Tp setiap aku berangkat dan ketemu dia, aku gapernah sapa sih selain senyum.
Sampai di hari itu......
Masih di antar ayahnya dan tiba-tiba aja ayahnya bilang "besok pasti kamu bisa bareng dia lagi" sambil nunjuk aku. Hah??? emang aku siapa ya?
Lalu kita nyebrang dan nunggu angkot M36.
Pas di angkot... aku sapa aja. Kalo gasalah sih aku pastiin kalo dia angkatan 7, lalu tanya 7 berapa. ternyata dia 7-4, kalo aku 7-6 di ujung lt.2.
Terus namanya, sebut saja Key. Dan tanya jg apakah dia selalu diantar Ayahnya?
Katanya lagi iya, tp besok udh engga. Ohh.....
Lalu aku baru ingat, kalo adek sepupuku bilang ada senior SD nya di Bhayangkari masuk 107 juga dan tetangga, dan laki-laki. Mungkin dia orangnya. Lalu percakapannya lanjut sampai aku bahas kalau ada adik-adik sepupuku sekolah di SDnya. Dan dia kenal, krn adikku itu orgnya berani dan kadang bikin onar sih. Hehe

Sampai di kesekian hari berlalu.... aku sering bareng Key ini.
Hampir sebulan, aku cocokin juga jam selesai sarapan. Waktu itu absen masuk jam 7.30, jd aku berangkat jam 6.30. Jd kalo di jalan ga sendirian, dan lebih aman. krn kalo lewat gang, sering banyak tikus-jd aku parno.
Kalau ketemu di kantin ini juga si Key nyapa. Dan Key ini ada 2 di sekolahku, satu di kelasku. Satu lagi ya Key tetangga. Dan duaduanya ini aku lumayan dekat sebagai teman.
Lanjut, anggap saja masuk ke bulan 5 aku SMP.
Pas belajar malam di ruangtamu, tiba-tiba adik sepupuku bilang.......................
"Sar, masa ada gosip tentang kamu & Key. Katanya ada yg liat kamu mesraan di taman"
......
.,.....
.....
HAAAAAAAAAAHHH ? WHAT !!!?
Aku kaget dongggg, dan ada nenekku juga. Tapi dia diem aja sih.
Kutanya dong, kata siapa, berita darimana, dan pas kapan ?
Emang sih kita pernah beberapa kali sama jam pulangnya, apalagi di hari jadwal OR. krn kita 1 guru OR. Hari sabtu kalo lagi jadwal renang juga, karna satu guru ya satu jadwal.
Tapi kalo pulang bareng itu, cuma sekali dia tawarin lewat depan SDnya buat jajan makanan SD di situ dekat taman & lapangan. Dan ya kita cuma jajan aja, duduknya juga di kursi abang cimol. Itu 2 minggu yg lalunya, pokoknya udh lumayan lama lah.

Lanjut adek sepupuku, ya kata temennya aja gitu. Malah gosipnya anak SMP ciuman.
WHATTTT!!? SMP CIUMAN ????
Aduh mana kepikiran..... tugas seabrek2, homesick, ldr, aduhhh enggak deh. Pencinta romance sih tp ga mau hidupnya roman picisan juga.
Ya kujawab aja santai, ngaco ah. Tanya aja orangnya, kalo pulang aku jg ga pernah keluyuran. sibuk sama PR, dan ada cucian yg harus di ambil.
Dan selesai deh permasalahan hari itu. Untung nenekku jg ga ngadu ke si om, kan bisa wassalam dikomentarin. Ga suka aja....

Dan tiba lah bulan ke-6 masa UTS pertengahan kelas 7.
Masa yang amattt sangat bosan, dan bikin penat.
Di setiap hari di kantin, aku jajan. Aku senengnya jajan Mi Sakura itu.
Sampai menjelang UTS, itu bulan ke6 masa SMPku. Si penjualnya lagi ngobrol sambil ngelayanin aku.
Padahal aku mah diem2 aja, tp aku minta teh botol juga.
Sambil dia goreng itu mi, dia bilang ke lawan bicaranya "Anak ini, jajan mi terus setiap hari. kayak gaada jajanan lain aja"
WHAT!?
kok dibeli jajanannya malah ga seneng ya.
Gak terima dong kayak gitu.
Itu adalah kali terakhir diriku jajan mi sakura di kantin itu.
Kantin SMP ada 5, berjejer.
kalau di SD dulu ada 2, tapi bersebrangan. Jadi lebih banyak pilihan di SMP ini, tp ya entah aku suka banget mi sakura itu.
Padahal.... alasannya aku jajan mi selain biar kenyang dan menghemat waktu. Aku sedang menabung.
Dari uang saku yg berlebih. Aku sisihkan minimal 3rb setiap hari untuk keperluanku, dan tabungan. Jadi kalau lagi butuh pensil, pulpen atau dasi hilang aku gak repot minta ke Nenek.
Sampai masuk bulan ke-6 itu, aku sudah menabung sekitar 700-900 ribuan. Uangnya itu aku titip di dompet besar punya nenek, di lemarinya. Biar aman, dan nenek selalu catat.
Sampai di bulan ke-6 itu bertepatan dengan selesainya UTS.
Aku entah kenapa, tidak tahan lagi untuk tinggal di rumah nenek.

Banyak faktor.
1. Keluarga papimamiku seringkali diremehkan, krn banyak hal & faktornya. Papiku yg unsos lah, sombonglah walau bukan org ada, nenekku jg sempat tdk merestui lah.
2. Aku tinggal bersama om yg seringnya komentarin yg aku lakuin, walau banyaknya krn kebaikan.
3. Keluarga bude adalah faktor trjadinya faktor 1. Sejahat apa aku bisa kuat kalau keluarga yg besarin aku dihina :(
Apalagi aku bisa semakin dijatuhkan krn status ku numpang di rumah nenek, sendirian.

Berat hati, meninggalkan nenek. aku cerita ke mamipapi dan minta balik.
Aku bisa sekolah dengan uang sendiri, uangku cukup yg 700-900ribu itu. Mamipapi gausah kasih uang saku, aku bisa. Alasanku saat itu.

Berbagai bujuk rayu keluarga bude, nenek, om. Aku tetap kekeuh.
Keluarga bude bahkan sampai bilang nanti sekolahnya dianter deh, nanti uang jajan ditambah dan lain sebagainya. Aku gak mau.

Malam itu, aku pindah lagi. Pulang.
Dengan tangisan sepupuku, dan aku yang tak mampu menatap nenek lebih lama. Aku pergi bukan karna dia, tp karna sekelilingnya :(
aku pulang bersama mami, naik taksi. krn bawaan ku lumayan banyak juga.

Bulan ke-7 selesai UTS itu, ternyata lebih berat lagi.
Mamiku memutuskan untuk berjualan donat, numpang ke budeku yg berjualan depan rumah.
kala itu, budeku jualan fried chicken. tadinya bisnis itu bersama sang suami, tapi tiba-tiba suaminya pergi begitu saja...................................
Mamiku berjualan donat kentang, krn tau pastinya dengan adanya aku biaya akan semakin banyak.
Jadi aku jg ikut membantu kalau malam, mami masak donatnya / saat paginya.
Aku juga coba peruntungan di sekolah dnegan jualan, tp sistem PO. krn buku SMP itu berat, aku gak mungkin bawa lebih banyak kalau tdk ada yg pesan.

Di hari pertama aku pindah, aku lupa rute pulang. Karena M16 angkot itu rutenya beda....
Jadi aku malah jalan kaki sampai rumah, hufff. Alasannya selain karna lupa, di hari itu aku diajak 2 teman sekelasku yg centil untuk ikut ke Cilandak mall-nge mall. Kata mereka "Sar, kan km udh di rumah sendiri. bisa dong main ke mall bareng. yuk yuk yuk, kan ga dilarang nenek kamu lagi"
karna alasanku selalu nolak mereka ke mall, ya pakai tameng nenekku. Dan apesnya, saat mereka nunggu angkot M36, aku memilih menjauh dari mereka dan pikir mereka mau membohongiku dengan naik angkot yang sama-lalu sampai ke Mall itu. Eehhh berburuk sangka malah berakibat naas, jalan sejauh 4km. Dengan ransel berat dan seragam sekolah....gerahhh.

Lanjut baru seminggu aku pindah, dan ternyata teman akrabku juga selalu naik angkot yg sama. Jadilah kita janjian, sebut saja Fey. Jadi aku selalu bareng sama Fey, Fey yg samperin kerumah.
Lalu kita samperin lagi temanku, Pey. Dan Pey ini kelas 7-4, sekelas dengan Fey.
Tapiiiiii belum sempat aku pemitan kepada Key, krn tdk bisa bareng dengan dia lagi.
Tiba-tiba, dia hadang aku pas pulang, nanya kok ga pernah keliatan lagi di M36?
pikirku, memangnya dia nungguin apa gmn. kan bisa aja aku naik kendaraan lain ya?
Lalu kujawab aja, iya karna aku pindah ke kalibata rumah mamapapa, gak tinggal sm nenek lagi.
Sudah sih di hadangnya begitu aja (bersambung)





Comments

Popular posts from this blog

[Anime] My wife is a high school girl

Kemana Bunda untuk si sulung

Fffallaww